Sabtu, 30 Mei 2009

konflik AMBALAT....

Ternyata masih juga gak jelas juntrung nasib Ambalat. penuhi lagi segmen berita Nasional, konon negara jiran berulah serobot batas wilayah. Sejak terlepas si pulau Sipadan dan Ligitan. Bakal ramai Mahkamah Internasional... bisa jadi. well, sejak awal kasus ini mencuat... duluuuuuu (2005), saya pernah bikin 1 ilustrasi yang saya tawarkan pada redaksi Koran Mataram. tapi di tolak hiasi tiras. inti penyampaian tema...sekedar ungkap ilustrasi ber-Caption tentang upaya Aneksasi si negri Tetangga. Dengan gaya bahasa.... profil Part Prototo... sosok sebagian untuk wakili seluruhnya. Monolog SBY tuju Mahathir.....,
Gak dimuat, tapi bikin saya tetap PUAS! karya sederhana ini masih terbukti UP TO DATE.....


Sengketa masih berlanjut....,
satu artikel menarik saya intip di satu situs berita lokal. Sub paragraf menarik mengupas Strategi Pertahanan Wilayah . hal ini terkait demi gengsi kedaulatan wilayah RI. Ada beberapa poin yang di ulas sebagai kajian mendasar dari kebijakan kapasitas nilai geografis tersebut. Saya hanya tertarik satu hal...., Pemetaan kembali titik-titik perbatasan. Artinya sebagai upaya inventarisasi titik geografis wilayah RI.
Rasanya bukan jadi masalah berat. Sudah demikian banyak stok ahli Remote Sensing milik Indonesia. Cuma.. kog saya rada skeptis.. bukan akibat kenaikan tinggi air laut akibat mencairnya zona kutub Bumi. Toh, ini bakal dirasakan semua negara...efek Global Warming. mencabik garis pantai... kiblat patokan ilmu ukur. while, ada "kebijakan" lain yang gak diperhitungkan dampak samping-nya. Menjual "pasir" demi mencaplok batas wilayah negri sendiri. IRONIS....,
dan saya cuma bisa mengapresiasi via gambar.... melankolis tragis! ABRASI BUATAN...



anote :
coba saja balik MISTAR pada gambar bila itu MISTAR milik INDONESIA!!!!

Tidak ada komentar: