Sabtu, 23 Juli 2016

Childrenhood..."the MISSING KID"


Mengulas masa-masa bocah,
Agak dikit kecil dari sosok terlampir di inset foto. Saat di Malang..kisar umur 2,5 taon sy prnh raib. Karena ngambul gak diajak paman pergi.. Saya-pun asal ngibrit niat ngadang beliau entah dimana bisa ketemu. Saya cuma ingat lari sambil nyeret sebatang meteran kayu milik embah putri. Bagian inventori dari usaha konfeksi. 

Lari-lari kecil itu terus bersimultan. Melewati sekumpulan orang rame trus blank! gak ingat apa-apa lagi. Nurut cerita versi ibu.. saya nyasar di pasar Kebalen sekitar jarak 1 Km dari rumah. Ditemukan oleh seseorang. Mungkin karena kulit putih jadi ditanyakan ke beberapa jajaran toko kelontong milik pedagang tionghoa. Dan tentu saja, semua bilang saya bukan trah anak-cicit mereka. Sampek akhirnya ada pedagang Kemoceng yang kenali saya.. "Ini cucunya Nyai Gufron di gang 3 kotalama". Saya-pun pindah gendongan lagi... sampai secara gak sengaja Bapak-Ibu saya kebetulan lewat naik becak disekitaran sana. Ibu jerit "loh..iku koyoke Opan!". Bapak saya langsung sigap loncat... insting militernya bekerja sigap. Si penjual Kemoceng hampir saja dijotos. Detik berikutnya terjadi adu argumen. Si pak kemocengER ngeyel ini cucu-nya orang Kotalama... bapak saya ngotot lah ini anak-ku! Akhirnya ditengahi ibu. Wajar klo bapak gak terlalu dikenali karena tugas dinas-nya di kandang marinir-Surabaya. Ujung"nya duit yg tadinya niat dipake belanja kain sama ortu dikasihkan pada pak Kemoceng. Sebagai bentuk kasih & sekedar imbalan ala-kadar anak-nya kembali kepangkuan. Secara gak sengaja. Hihihi....., 

ikut mengucapkan selamat lebaran 1437 Hijriah....,
Ke-2 kali. tahun 1977 Kami sekeluarga pindahan lagi ke Sumbawa besar (misi dinas bapak). Jaman itu transportasi gak selancar sekarang. Transit Mataram... diputuskan nginep disekitar Cakranegara. Sepertinya di Hotel Ratih. Agak jelang sore..si genduk (julukan khas pembantu kami ) yang diboyong dari jawa ditugasi Ibu beli gula dan makanan kecil ke toko arah timur dari hotel. bertiga kami jalan..saya dan kakak perempuan. Agak jauh karena beberapa toko sudah tampak tutup. Gitu dapat barang yang dibutuhkan, kami balik arah... saya paling depan sambil main loncat sana-sini. Trus bermain... sambil jalan dan lari kecil... eh bablas, Tersesat lagi. Gak balik arah... tapi trus jalan. Ingetnya.. saat itu akhirnya saya berhenti. Langit mulai gelap jelang maghrib. Nanya orang di pinggir jalan. Akhirnya saya di giring ke satu instansi militer. Mungkin Kodim atau sejenisnya. Antara lapar dan haus. Disodori minum teh gelas besar.. sambil ditakuti satu bintara jaga, malah di-acungi moncong senjata, entah AK47 atau M16. Gak geming blas!.. wong bocah kebingungan.
While, situasi di hotel Ratih gempar. "Ada Anak Hilang!!!!" Bapak terlontar emosi-nya "knapa gak sekalian kita semua tenggelam saja di feri tadi". Pihak hotel ikut bantu..salah satu-nya nyambang "belian" di sekitar Cakra. Konon hasil terawangan-nya "saya diculik sebangsa mahluk halus tipe wewe". Suasana makin resah. Pihak RRI juga dihubungi demi bantu siar. Gak ada kepastian. Hingga diantara kebingungan itu ada muncul staf hotel shift malam masuk jatah kerja. Diantara orang hotel yg bingung dia nyeplos. "Hei, tadi ada anak sapa itu. Nyasar di kantor kodim. Dikasih makan langsung habis. Minum 2 gelas ludes. Kayaknya capek sekali". Ibu saya yang kebetulan dengar langsung terperanjat. "Hah? gimana ciri-nya?.. bla-bla-bla... celana pendek coklat baju ada tulisan adidas?"
Staf hotel itu bilang "eh iya!!!". Lha...itu diaaaaaaaaa........, teriak ibu-ku. Singkatnya saya dijemput malam itu..pake VW kodok. Persis tiba depan hotel Ratih...ternyata sudah rame kerumunan manusia yang nonton. Huhuhu... serasa panitia penyambutan saja. 
And,,,,The Kid is back!!! kantor kodim 'lama' itu berada sekitaran Ampenan dekat" Malomba. Jarak lumayan jauh untuk anak sebaya siap masuk TK. Dipikir-pikir, mungkin kelak ini jadi mata rantai alur-nasib.. kenapa jodoh saya orang Ampenan. 
* Postingan asal FB

Tidak ada komentar: