Jumat, 05 Januari 2018

topik ganyang "Keong sawah"

Tulisan FB per-11 Desember 2017
singgung viral bahasan keong sawah....,
tentu beda lagi Bekicot..., menu khas orang perancis yang nyebutnya Escargot. Sampek ada ungkapan, blom dikatakan bonafide sebuah resto disana...jika pada list menu gak ada tercantum kuliner ini. Entah kapan booming disana. Mbuh!!!
Nah, sekitar awal taon lalu. Namanya berkecimpung sektor nyuplai bahan pangan. Sales Wong mCoco...mengenalkan escargot kemasan kaleng. Gak sempat terolah. Entah upaya sbg produk ujicoba. Kami saja susah, dus, mati gaya menawarkan pada konsumen langganan.
Bisa jadi ada banyak alasan. Terkait hukum haram jika jijay untuk kasus individu. Untuk penyelenggara usaha catering....apakah bisa didongkrak jd makanan esklusif? Jangankan mau dilabel keren escargot (snail meat) bagi warga Malangan bisa" kita dipisui wong sak dayak! Wong jelas" semua tau sebagai bagian kawula jaman past, Bekicot era 80-an sdh akrab bagi para bolang masa itu. Bekicot buruan strata akhir yg dilirik. Mendingan buru belut..urut berikut baru Qol. Siput sawah item yang klo di Lombok disebut Sisok.
Jelang awal 90'an di Malang, beberapa home industri mulai inovatif mengolah kripik bekicot. Kemasan plastik kecil harga 100 rupiah. Berlabel simpel...brand stamp pad tinta (ada jg tulisan tangan biasah  di kertas apa-adanya. Plastik kemasan boro-boro dilindas mesin impulse sealer. Paling keren andalin jilatan api lilin.. paling apes lampu minyak yang sudah dilepas batang semprong-nya! jadi bisa bayangin model press yang njlembret...njekitut..kayak kerutan wajah nenek Lampir. Jadi jangan ngarep nemu registrasi resmi berkompeten ala BPOM...apalagi stamp Halalal thoyiban.

Namun, dengan segala performa minor tadi. KripCOT adalah camilan keren bagi kawula kongkow mulut gang.. gaple'an pertelon atawa begadang simpang prapatan. Setiap rombong rokok bisa di pastikan available stok. Mekanisme distrusi-nya masif...semasif sebaran populasi esKicot. Betapa geliat ekonomi kreatif berbasis elan kerakyatan itu terjalin dengan lincah sekaligus indah (pada waktunya). Indeed!
Meski bisa jadi, di kekinian nasib kripCOT gak seheboh masa lalu-nya. Sama halnya dengan kerabatnya Sisok(keong sawah). Di lombok kerap hadir sebagai sate swuedap...legit pedas, mitra wajib pelecing. Sekarang jadi langka nemu inak-inak mobiling di kampung perkotaan, kecuali menu sate usus dan daging. Lenyap beserta sisa asap kenangan terlampir.

Lalu tiba segmentasi jaman NOW. imbau-imbau...suar-suar otorita pemerintah. Daging mahal... mari beralih alternatif pakan sikeong sawah. Dan saya-pun berandai jika nanti hadir wujud kaleng. Akankah diterima pangsa konsumen lokal dimari? hatta terpatri nama pabrikan Wong Coco. Disambut antusias...kagum keheranan,,,seolah dihadirkan kans memorabilia kulinari khas lokal. Atau malah ditanggap dingin...ekspresi momot-meco. 
Bisa juga reaktif gaya Malangan...ditawari suruh beli escargot wongCoco. Malah undang ekspresi Wong Mecoco. syukur-syukur sales-e gak di jumrah klompen by menungso perapatan, Refleksi-nya mau kemana kawulo bani instan sak niki-iki. Nostalgia bahan pakan dibubuh kemas kalengan. Atau ntar malah terjebak jargon-jargon kontradiktif...kerawanan pangan... kemandirian pangan. ke-mana-tahan-an pangan...pomeo-beo, tahan jangan makan, sitir dan setir dalil aqli puasa. Segitu mbulet-nya.. padahal tajuk kita hari ini ternyata cuma ilusi pangan. Ayo ndang...keburu expired!

Tidak ada komentar: