Rabu, 25 Maret 2020

Cerita ujung Muara (episode#107) || jalan-jalan





Kini beralih survey ke zona muara Meninting utara, dusun Kongok. Gak harus terbebani soal target buru. menariknya ada momen para nelayan tongkol baru pulang dari melaut. Dan misi liputan dadakan terjalani. Reportase ala gala-aksi.
#nelayantongkol #MuaraMeninting #pesisir




NB :

sejak upload postingan vlog hingga akhir Maret ini. Kondisi tangkapan tongkol semakin hari kian menanjak. Hampir setiap hari setiap rata-rata nelayan pulang membawa hasil melimpah. Ini suatu karunia yang patut disyukuri. Klo pun ada jeda hanya 2-3 hari...., Tapi selanjutnya berlanjut lagi. Efeknya tentu saja pada harga yang menurun. Jika sebelumnya 1 ikatan dipasar terdiri 5 ekor bisa mencapai harga 2.000,- / 2.500,- per-ekornya. Kini makin turun..., dengan jual variatif. Ukuran sedang bisa mencapai harga 1000,- per/ekornya.
Dan yang paling fantastif, jika beli langsung di sampan, saat nelayan pulang melaut bisa cuma 500 rupiah per-ekor. Ini menurut rekan pengepul atau beberapa tetangga yang ingin cari tongkol kondisi terbaru. Tinggal menyempatkan diri untuk merapat ke garis pesisir Pondok prasi dan sekitarnya.
Gak bisa bayangkan berapa ongkos operasional dengan hasil tangkapannya. Meski ada 1 kondisi yang dianggap menguntungkan. Info lokasi tangkap ternyata tidak terlalu jauh ke tengah selat Lombok. Masih sekian 3/4 kilometer dari pinggiran Lombok. Dan situasi ini dianggap suatu hidayah tersendiri bagi semua Nelayan.

Tidak ada komentar: