Selasa, 09 Juni 2009

NAUTILUS dan Kerajinan Lombok

Lagi tema laut....,

Bahasan ini sebenarnya masih ter-ilhami oleh singkap fenomena FIBONACCI di unsur alam. Nautilus pompilus termasuk dalam kelompok Moluska. Biota ini kategori dilindungi dan terdaftar dalam list APPENDIX CITES (Convention International Trade for Endanger Spesies). Jarang terlihat di perairan dangkal karena memang biota penghuni perairan dalam. Kisaran kedalaman 60-250 meter menurut 1 kajian literatur.
Di Lombok, terutama wilayah pantai selatan, sering ditemukan dalam kondisi cangkang kosong tanpa isi. Mengapung di permukaan air laut atau terdampar di garis pesisir pantai. Dan senantiasa jadi "tabiat" umum pada akhir penampakan-nya. Kemungkinan saat tewas...akibat diserang predator lain, terdapat sisa udara pada sekat rongga cangkang. Pengatur netral bouyancy alami yang dimiliki untuk mobilitas gerak.
Pergerakannya lincah...gaya dorong - propulsion style.. sedot-kembut2....intake-exhaust sirkulasi air. Bagi sebagian orang Jepang, santap mentah isi adalah suguhan istimewa. Kandungan nutrisi tinggi bagi peningkatan stamina, pengganti sel-sel yang telah mati.

Dikalangan pengrajin souvenir kayu Lombok lebih dikenal dengan nama CUKLI. Sekaligus jadi penamaan umum khas kerajinan berbahan hias pernik kulit cangkang si Nautilus. Meliputi segala jenis souvenir kecil, medium size hingga perabot furnitur. Cindera mata khas yang memang mengundang selera tatap.
Dulu, selagi belum gencar pelarangan isu ilegal lodging. Rata-rata semua souvenir asli berbahan kayu Mahoni...selain agak lunak dalam proses semat pernik cukli, juga aura warna khas Mahoni yang rada merah-kecoklatan. Serat halus...dan penjualan harga terdongkrak naik.
Saat ini kualitas bahan menggunakan kayu jenis lain. Kadang mix-match wooden material. Sedikit agak makan biaya proses lapis plitur. Upaya mendekati ciri performa mahoni. Tip and Trick... polished by spesial material.

Sekalipun terbilang stok langka, semua pengrajin cukli mendapat alur subsidi dari para pengumpul yang menempuh upaya kolektif gak rutin. Rapid interview yang pernah saya lakukan, baik para pedagang dan pengumpul. Harga di tahun 2000an berkisar antara 25.000-30.000 satuan rupiah per-cangkang utuh. kadang tergantung besar ukuran.
Sejauh ini ada 2 tempat pusat pengrajin yang terdeteksi. Di Rungkang Jangkuk- Sayang-sayang, dan Sesela-Gunung Sari. Cakupan wilayah kabupaten Lombok Barat, masih dekat dengan kota Mataram. Kawasan notabene mudah terjangkau bagi wisatawan program city-tour.


Please come to Lombok...get a chance to see a cukli. Keep in your mind... if U'll be mind... with this ARTicle description.... or nothing to get...never mind!!!
follow the treck of image below....,



Nautilus sp di habitat asli...


cangkang kosong dgn berbagai ukuran


rupa cangkang belah setengah....alur logaritma-Fibonacci


cukli sebagai pernik hias kerajinan Gerabah


motif dan pola hias pada kerajinan kayu


Ragam motif ...furniture lemari


pola atraktif lain....

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap mas brow, sebagai masyarakat lombok sebenarnya kita dituntun untuk sedikit kreatif untuk dapat memanfaatkan dengan arif apa yang diberikan oleh alam

salam Skepat Lombok - memuat informasi seputar Lombok
Rinjani Ashitaba

gala-aksi mengatakan...

salam meton,
kearifan skrg menjadi kelangkaan... sama langka nya dengan unsur kreatifitas diri yg gak bakal muncul tanpa kita usahakan sendiri..