Jumat, 28 November 2008

Anekdot seputar Tsunami….,

-->berikut adalah anekdot olah-kata milik pribadi. daripada tersimpan di memori otak.. mending saya transfer di lambung blog ini. sudah lama cetus ide...tentu-nya kini tampil dengan olahan yang semoga lebih hidup. Dan bisa sdikit menghibur... kalo ada claim pendahulu pernah ada yang duluan muncul, tolong saya segera di-ingetin! biar tak hapus as soon as possible...,


Cerita 1 :
sinularia - death man fingers . (Dok.pribadi)
Ini kisah konon menurut para pakar lingkungan kelautan yang terlibat langsung dalam hari awal paska penanganan bencana tsunami Aceh di akhir tahun 2006. Mereka fokuskan pengamatan pada efek getaran dahsyat gempa tektonik lempeng bumi, yang merupakan alur spectrum gempa Indonesia bagian barat. Lintas alur Ring of Fire…
Prediksi dampak itu sekaligus menjadi referensi tolak ukur efek yang di-relevansikan dengan satuan skala Richter. Hasilnya memang cukup signifikan, beberapa lansekap garis pantai sebagian Aceh “terangkat”. Gugus terumbu penghalang (Fringing reef) seketika nongol muncul kepermukaan sekitar 1 meteran dari garis pasang-surut tertinggi. Dari sekilas observasi metode Rapid Assesment diperoleh gambaran ringkas. Sekian banyak varian spesies koloni karang yang kerap ditemukan adalah Sinularia. Dalam bahasa Inggris sering disebut Dead Man Fingers coral!


Cerita 2 :
Efek getaran tsunami Aceh ternyata bukan saja mampu menggoyahkan dampak alam lokal sekitarnya. Namun terbukti juga bisa mengguncangkan getir hati dari hampir banyak perasaan unsur humaniora, miris-nelangsa…trenyuh galau… teriris tipis sekian lapis. Ditandai dengan reaksi tanggap dari sekedar ucapan belasungkawa - turut berduka cita. Menggalang dana… dan bejibun ingin rembuk jadi relawan. Indonesia menangis… sebagian negara luar sesenggukan!
Dan berikut kisah di salah satu posko pemberangkatan relawan, entah ber-entah, jelasnya masih di lingkup tanah air, abadi nan jaya (kata-nya!). terjadi dialog antar oknum panitia…, inisial-nya pake akronim abjad.

A : “hai G, aku dengar kamu kemarin ada nolak seorang calon relawan ya?”
B : “Padahal kata-nya orang itu paling antusias dibanding kandidat lain-nya, knapa?”
C : “iya nih! G pilih kasih! Klo tmen-2 dekatnya diprioritaskan! (…biar kian reaktif! ), why
man??? explain to us donk!” (rada sok ke-inggris2an)
D : “SttttG cari untung pribadi tuh!” (berbisik kesebelah…si D notabene tabiat provokator)
E : “Iya ni..diem mulu’…ayo jelasin kami baaaang! (setengah ngerayu… cewek sih!)
F : “Tapi denger2 dia di tolak posko lain juga , walau sampe merengek biar gak dibekali ransum
dia berani asal di berangkatkan, dia janji akan survival gitu tiba disana. Aneh…?????
G : dia bernama SUMANTO!
A - F : OOOoooooooo……pantes!!!!!! (kcuali G gak ikutan!)