Senin, 27 April 2009

kunjung Bayan... opsi CSR


Jumat, 24 April 2009.
sejak 2 bulan lalu baru kali ini benar-2 terwujud kunjung lokasi atap Bayan. klise saja, Guide lokal yang kami harapkan bisa dampingi berhalangan misi caleg. Kunjung ke-dua kali, sekedar upaya titip materi kusioner pendataan warga pranata "Bangket Bayan". Gak juga berhasil terealisasi. Masih ada acara adat...., bertepatan peringatan maulid Nabi.
Akhirnya,
atas rekomendasi rekan LSM, Koslata dan personil Walhi. Pihak Samanta dianjurkan menemui Bapak Rianom. profil budayawan lokal berprofesi guru. Rumahnya unik. tepat berada di tepi tebing. Menghadap kanvas langit dengan jebul puncak Rinjani. Mata serasa dibasuh penuh nuansa hijau. Rumah ini juga berkategori Rumah konservasi. Pada jam tertentu para monyet datang menghampiri. Sekedar rutinitas feeding. konon baru 2 bulan ini berlangsung proses pembauran. Manusia...hewan...dan habitat sekitarnya.

Maaf saya blom bisa banyak berkisah. Jenguk atap Bayan... ternyata saya banyak menuai hikayat etnis tersendiri. seolah kembali bergaul dengan ilmu terapan sosiologi. masyarakat dan cermin budaya lokal yang mewarnai. sketsa etnografis....,
Alasannya, beberapa lokasi harus kami lalui dengan jejak kaki. menelusuri lembah... jenguk hutan..., ikuti alur sebuah tatanan khas dari sebuah komunitas. Cukup melelahkan!... sudah jarang olahraga. tapi berkesempatan himpun ion negatif....anugrah alam.
diganjar ngos-ngosan.... harus terbayar dengan pijat khusus.
Ntar saya lanjutin lebih detil.


see yea...,



Tidak ada komentar: